Senin, 05 Desember 2011

5 Tips Menghemat Baterai Smartphone

 
Saat ini, smartphone sudah seperti teman yang senantiasa menemani kita ke mana pun kita pergi. Pasar smartphone pun semakin besar dengan berbagai pilihan spesifikasi dan harga. Dengan beragamnya aplikasi yang disediakan oleh smartphone, tentunya akan membuat baterai cepat habis jika kita tidak pandai menggunakannya. Berikut ada beberapa tips untuk menghemat baterai smartphone yang Anda miliki.

1. Non-aktifkan Widget yang Tidak Terpakai, Buang Aplikasi yang Tidak Penting

Jika smartphone Anda memiliki fasilitas widget, bersihkan homescreen Anda dari widget yang kurang terpakai, seperti Dual Clock, Twitter atau Facebook yang terus ter-update. Semakin banyak widget, semakin banyak aplikasi yang berjalan di background sehingga akan banyak menghabiskan RAM yang akhirnya menghabiskan lebih banyak daya baterai. Catatan: mematikan task/aplikasi secara berkala dengan software task killer, tidak membuat smartphone Anda menjadi lebih irit. Sebab, apabila aplikasi tersebut memang harus hidup, aplikasi akan langsung melakukan proses restart (ini boros baterai). Jadi, membuang aplikasi yang tidak penting akan jauh lebih efektif dalam menghemat baterai.

2. Matikan Live Wallpaper

Live wallpaper di ponsel memang membuat tampilan homescreen terlihat lebih menarik. Namun, ternyata cukup menguras baterai, lho. Sebab, aplikasi ini membuat prosesor smartphone bekerja keras. Apabila Anda menggunakan prosesor di atas 1 GHz dengan OS dan teknologi terbaru yang mengizinkan naik-turunnya kecepatan, beban dari wallpaper ini bisa semakin memboroskan baterai.

3. Gunakan Battery Saver di Ponsel Anda, Atur Perilaku Hardware-nya

Gunakan aplikasi battery saver yang tersedia, seperti NB battStat, Battery Go, Juice Defender, dan lainnya yang cocok dengan tipe smartphone Anda. Aplikasi semacam ini bisa mengatur perilaku smartphone Anda. Tingkat kecerahan layar pun bis diatur secara otomatis. Aplikasi tercanggih bisa secara otomatis mematikan konektivitas data ke jaringan berdasarkan kebiasaan kita. Pada smartphone Android yang sudah di-root, tingkat pengaturan ini bahkan bisa lebih canggih hingga ke pengaturan kecepatan prosesor berdasarkan profile yang kita tentukan.

4. Perhatikan Fasilitas Push Email

Ada beberapa jenis smartphone yang dilengkapi dengan fasilitas mengecek email secara otomatis. Jika ingin menghemat baterai Anda, matikan fasilitas push email atau jauhkan renatang interval pengecekan email menjadi lebih jarang (contoh: setiap 1 jam). Tidak ada salahnya jika mengecek email secara manual. Jadi, untuk menghemat, matikan feature auto-sync dan lakukan sinkronisasi secara manual. Memasang sebuah widget kecil untuk melakukan auto-sync akan menjadi pilihan yang lebih efektif dibandingkan melakukan sinkronisasi otomatis.


5. Matikan Fasilitas Getar di Ponsel Anda

Mungkin sebagian orang terbiasa menggunakan fasilitas getar di ponsel untuk menandai panggilan atau pesan yang masuk. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata daya yang diperlukan untuk membuat getaran di ponsel ternyata lebih besar dibanding menggunakan nada dering? Hal ini dikarenakan ponsel memerlukan energi lebih besar untuk menggetarkan seluruh bagian ponsel, dibandingkan nada dering yang hanya perlu menggetarkan speaker ponsel.
 Jika ingin menghemat baterai, mulailah menggunakan beberapa tips di atas. Semoga membantu!
Itulah artikel yang telah saya buat tadi, semoga bermanfaat tips yang saya berikan kali ini !!!


0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Anda Berkomentar Di Blog Ini, Komentar Anda Sangat Membantu Untuk Blog Ini Menjadi Maju dan Bisa Di Cintai oleh Pengunjung.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More