Senin, 12 Desember 2011

Harddisk SATA 4TB Mulai Beredar di Pasaran

 
Harddisk 3,5 inci untuk PC desktop pertama berkapasitas ekstra lega, yakni 4TB telah hadir di pasaran. Produk tersebut diketahui muncul pertamakali di pasar Jepang.

Sebelum ini, meski dua produsen harddisk terkemuka yakni Seagate dan Hitachi telah mengumumkan ketersediaan harddisk berkapasitas 4TB, namun demikian harddisk tersebut merupakan harddisk eksternal.

Dikutip dari Fudzilla, yang melaporkan pemunculan harddisk tersebut di Akiba-PC, situs informasi pasar terkemuka asal Jepang, harddisk itu merupakan seri Desktar 5K milik Hitachi dan mendukung SATA 6Gbps.

Dari sisi spesifikasi, dikutip dari Hitachi Global Storage Technologies, 12 Desember 2011, harddisk tersebut memiliki cache sebesar 32MB dan kepadatannya ditingkatkan lewat penggunaan 4KB, bukannya 512B per sektor.

Dari sisi harga, harddisk itu dipasarkan di haraga 26.800 yen atau sekitar Rp3,1 juta.

Sejumlah toko di kawasan Eropa juga telah menyantumkan seri lain yakni Desktar 7000K 7200rpm yang jauh lebih cepat dengan cache sebesar 64MB. Di Jerman, harganya sekitar 499 Euro, namun di Inggris, sejumlah gerai menjajakannya di harga 228 Euro atau sekitar Rp2,76 juta.

Tampaknya harga Rp2,76 juta tersebut lebih masuk akal karena saat harga harddisk berkapasitas 3TB sendiri dipasarkan di harga 180 sampai 190 Euro atau sekitar Rp2,18 sampai Rp2,3 jutaan.

Sekian artikel yang saya berikan kali ini, semoga bisa menjadi wawasan anda jika ingin membeli harddisk yang berkapasitas  4TB. Trimz

1 komentar:

kalau di indonesia sudah ada yg jual gak ya ?? sy mau belik buat kebutuhan kantor........ gan bisa bantu gak ya distributor nya yg bisa di kontak langsung....

bisa call sy di 087867779665.....

Posting Komentar

Silahkan Anda Berkomentar Di Blog Ini, Komentar Anda Sangat Membantu Untuk Blog Ini Menjadi Maju dan Bisa Di Cintai oleh Pengunjung.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More