Memuat...

Senin, 05 Desember 2011

Pengertian Android OS | Sekilas Mengenai Android OS

Kali ini saya akan memposting artikel yang berhubungan dengan OS Andoid. Pasti anda sudah tahu android itu apa dan mungkin belum tahu tentang sejarah dari Android OS itu sendiri. Nah kali ini saya akan membahasnya.

Saat ini Android OS sudah mulai naik daun. Semakin banyak  produsen, baik yang sudah memiliki “nama” atau para produsen handphone lokal, mempersentai produk mereka dengan Android OS. Banyak berita Jagat Review yang memberitakan mengenai sistem operasi ini. Namun, sebenarnya, untuk orang awam Android merupakan hal baru. Sekarang mari kita lihat apakah Android OS itu?
Android OS adalah sebuah sistem operasi mobile untuk preangkat seluler, tablet, dan netbook. Pada awalnya, Android OS dikembangkan oleh Android Inc dan kemudian dibeli oleh Google. Android dikembangkan oleh Google berbasiskan kernel Linux dan software-software GNU. Saat ini, Android dipegang oleh Open Handset Alliance dengan Google sebagai salah satu anggotanya.
Sejarah perjalananan yang terjadi pada Android tidak seperti yang kita temui seperti saat ini. Android berevolusi hingga seperti sekarang yang kita lihat ini. Android bermula pada bulan Juli 2005, saat itu Google membeli Android Inc. Mulai dari sini gosip mengenai Google akan terjun kedunia mobile OS berbasiskan kernel Linux mulai beredar. Berita ini semakin gencar pada akhir December 2006. Banyak media memberitakan bahwa Google menunjukan prototipe sebuah handphone kepada para produsen handphone.
Hembusan berita mengenai Google ingin meluncurkan sebuah produk handphone tidak sampai pada di situ saja, pada September 2007 berbagai media menyampaikan bahwa Google terlibat dalam paten berbagai Aplikasi. Ternyata keterlibatan Google tidak hanya sampai disitu saja. Pada 5 December 2007 sebuah alliance yang bernama Open Handset Alliance terbentuk. Alliance beranggotakan Texas Intruments, Broadcom Corporation, Google, HTC, LG, IntelM Marvell Technology Group, Motorola, Nvidia, Quallcomm, Samsung Electronics, Sprint Nextel dan T-Mobile ini berencana untuk mengembangkan sebuah standar untuk mobile device.
Berita yang cukup mengejutkan terjadi, pada 21 Oktober 2008 Android resmi menjadi open source. Alhasil Google membuka semua kode-kode Android khususnya pada stack network dan telepon seluruh produsen handphone dengan menggunakan lisensi Apache license. Proyek ini kemudian berlanjut hingga pada 9 Desember 2008. Pada tanggal tersebut diumumkan bahwa 14 anggota baru akan bergabung dengan Android project. Anggota baru tersebut adalah PacketVideo, ARM Holdings, Atheros Communications, Asustek Computer Inc, Garmin Ltd, Softbank, SonyEricsson, Toshiba Corp. dan Vodafone Group Pic.

Tanggal 9 February 2009  Android 1.1 diluncurkan. Salah satu device pertama yang mempergunakan Android OS adalah HTC Dream. Kini Android berkembang semakin besar dan update OS seiring perjalannya pun semakin banyak. Sejalan dengan itu, kami akan selalu mengupdate Anda mengenai berita, review, bahkan tips trik terkait dengan Android ini. Nantikan kabar dari kami selanjutnya!
Sekian Postingan saya kali ini semoga dapat membantu pengetahuan anda yang tidak tahu apa itu OS Android. Trimz.....





1 komentar:

postingan ini sangat menarik serta enak dibaca.... saya berharap bisa berkunjung lagi

Poskan Komentar

Silahkan Anda Berkomentar Di Blog Ini, Komentar Anda Sangat Membantu Untuk Blog Ini Menjadi Maju dan Bisa Di Cintai oleh Pengunjung.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More