Rabu, 28 Desember 2011

Tips Menjaga dan Merawat Keyboard Notebook

Kali ini, JagatReview akan memberikan beberapa tips singkat dalam merawat keyboard notebook agar dapat bertahan lama. Keyboard di perangkat notebook tidak persis sama dengan keyboard pada umumnya. Keyboard di notebook sedikit lebih rentan dan merepotkan apabila terjadi kerusakan. Jika terjadi kerusakan kecil atau pada sebagian tombol saja, Anda harus mengganti keyboard notebook secara keseluruhan! Biaya yang dikeluarkan tentunya akan sedikit tinggi. Berikut ini 4 tips singkat untuk merawat keyboard notebook Anda.

1. Memakai Keyboard Protector

 

Pakailah keyboard protector, terutama jika Anda memiliki notebook baru. Biasanya keyboard protector berbahan karet. Keyboard protector ini dapat menjaga agar tombol-tombol keyboard tetap bersih dan mencegah masuknya kotoran dari luar ke dalam sela-sela keyboard. Namun, ada satu hal yang perlu diperhatikan, yaitu tidak semua notebook direkomendasikan memakai keyboard protector karena sistem pendinginnya mengambil udara dari sela-sela keyboard. Dalam kasus terburuk, keyboard protector malah akan membuat notebook tersebut menjadi lebih panas.

2. Jauhkan Makanan dan Minuman dari Notebook

 

Jangan membiasakan menaruh minuman atau makanan di dekat notebook karena ada kemungkinan minuman atau makanan tersebut dapat tumpah, mengenai notebook dan menimbulkan konsleting. Untuk yang satu ini bukan hanya akan memengaruhi keyboardnya, tetapi keseluruhan notebook.

3.  Kurangi Bermain Game dengan Notebook

 

Minimalisir bermain game dengan menggunakan keyboard notebook. Dalam sebuah game biasanya hanya tombol-tombol tertentu saja yang ditekan. Belum lagi kadang-kadang kita menekan tombol terlalu kencang dan dengan repetisi yang ekstrim saat bermain game. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan sebagian pada keyboard notebook Anda. Untuk bermain game lebih baik membeli input device tambahan, seperti keyboard external atau joystick.Walaupun yang Anda gunakan adalah notebook khusus gaming, tidak semua keyboardnya memiliki desain dan ketahanan sebaik keyboard gaming biasa.

4. Bersihkan Keyboard secara Berkala

Debu/kotoran pada notebook perlu dibersihkan secara berkala karena debu merupakan isolator yang bisa menghambat aliran listrik pada rangkaian listrik, menghalangi slot-slot tombol keyboard (membuat sering macet), dan menghambat pembuangan panas notebook. Untuk debu/kotoran yang menempel pada tombol-tombol keyboard, gunakan lap untuk membersihkannya. Untuk debu yang berada di sela-sela keyboard, kita dapat menggunakan vaccum cleaner kecil untuk menyedotnya keluar atau kuas kecil untuk menyapu debunya agar keluar dari sela-sela.

 Semoga tips kali ini bermanfaat untuk merawat keyboard notebook rekan-rekan sekalian.




Enter your email address:


Delivered by FeedBurner

2 komentar:

Wah tipsy bagus sekali.... memang laptop adalah benda yang perlu dirawat dg sebaik mungkin, agar awet dan tahan lama, krn fungsiy yg luar biasa itu

saya sering berkunjung di blog-blog, postingan ini sangat menarik serta enak dibaca.... saya berharap bisa berkunjung lagi

Posting Komentar

Silahkan Anda Berkomentar Di Blog Ini, Komentar Anda Sangat Membantu Untuk Blog Ini Menjadi Maju dan Bisa Di Cintai oleh Pengunjung.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More