Jumat, 13 Januari 2012

Aplikasi Jahat Sudah Mulai Menyerang Andorid Pada Awal Tahun 2012 Ini

Seiring dengan berjalannya waktu, Android terus mengalami peningkatan dalam hal market share. Meningkat drastisnya market share Android tersebut ternyata tidak luput dari perhatian para penjahat cyber. Pada tahun 2011 yang lalu, ancaman-ancaman nyata terhadap Android sudah mulai terlihat. Banyak aplikasi-aplikasi jahat yang menyusupi sistem operasi buatan Google tersebut. Bagaimana dengan tahun 2012? Tahun 2012 baru dimulai, tetapi ancaman malware terhadap Android sudah mulai bermunculan!


Salah satu serangan terhadap Android baru-baru ini terjadi di Prancis. Sebuah serangan yang diberi nama Android.Qicsomos ini menipu korban yang ingin menemukan dan menghapus aplikasi kontroversial Carrier IQ. Uniknya, tim keamanan Symantec sendiri tidak dapat menemukan jejak aplikasi palsu ini di Android Market. Aplikasi ini menyebar sebagai spam atau kampanye phising dari sebuah operator di Eropa yang meminta korban untuk mendownload dan menjalankan aplikasi tersebut. Saat menjalankan aplikasi tersebut, bukan Carrier IQ yang didapatkan, tetapi smartphone Anda akan mengirimkan SMS ke sebuah nomor premium!

Ancaman ini ditandai dengan sertifikat yang diterbitkan sebagai bagian dari Android Open Source Porject (AOSP). Hal ini memungkinkan aplikasi untuk terinstal pada perangkat tertentu tanpa harus melalui layar pemberitahuan perizinan biasa, yang merupakan mekanisme pertahanan utama  menghadapi aplikasi-aplikasi berbahaya.

Sebelumnya, di Android Market pun ada beberapa aplikasi jahat yang menyamar sebagai game-game terkenal. Aplikasi tersebut ada di bawah nama “Steven Creek Software”. Apabila Anda sudah selesai dalam menginstal aplikasi jahat ini, maka akan ada sebuah tombol yang harus ditekan untuk menyelesaikan instalasi. Namun, ternyata tombol tersebut akan membawa Anda ke internet browser dan membawa Anda ke sebuah website Online Income Solution



Enter your email address:


Delivered by FeedBurner
Andre Skeldrak Blog

2 komentar:

walahh, ada2 aja ya orang iseng..
tapi dengan ini, kita juga harus pintar dalam memilih aplikasi gan. thanks for share..
salam persahabatan.. :)

iia gan, makanya kita harus pintar" memilih aplikasi yg pas buat android kia, jgn asal download ajha ???

salam persahabatan ,,,

Posting Komentar

Silahkan Anda Berkomentar Di Blog Ini, Komentar Anda Sangat Membantu Untuk Blog Ini Menjadi Maju dan Bisa Di Cintai oleh Pengunjung.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More